Betapa
pentingnya sistem pemasaran dalam segala usaha, termasuk usaha pemasaran hasil
budidaya ikan . Usaha akan semakin tandus dan tidak berkembang dengan baik tanpa
adanya marketing/pemasaran yang baik. Sistem marketing juga dapat dipelajari
seiring dengan berkembangnya zaman.
Dahulu
pemasaran ikan hasil budidaya hanya dilakukan secara offline, tapi kini seiring
dengan kemajuan teknologi, pemasaran hasil perikanan bisa juga dijual melalui
online. Sistem pemasaran yang tepat dan
mutakhir sangat penting bagi keberlangsungan usaha budidaya ikan.
Budidaya ikan nila bisa dikembangkan dengan
berbagai sistem pemasaran sehingga menghasilkan pendapatan yang besar. Peternak/pembudidaya ikan bisa mempersiapkan
segala macam bentuk pemasaran untuk mendapatkan hasil sebanyak dua kali lipat
atau berkali-kali lipat dari sebelumnya.
Sebaliknya tanpa sistem pemasaran yang tepat, pembudidaya ikan hanya
akan mendapatkan penghasilan yang stabil, konstan, dan tidak bisa meledak. Selain itu, tidak akan bisa mencapai target-target
tertentu ketika tidak menerapkan sistem pemasaran yang tepat.
Ada
beberapa strategi pemasaran yang harus diterapkan sebagai pelaku budidaya ikan. Pembudidaya ikan tidak bisa pasrah menjual
hasil ikan nila hanya dari hasil panen saja yang dijual ke kilangan ikan. Meningkatnya pengguna internet setiap
harinya, ternyata tidak diabaikan begitu saja oleh para pelaku bisnis. Saat
ini, banyak pelaku bisnis yang sengaja membuat website, blog, atau membuat akun
di Facebook, Instagram, maupun Twitter untuk memasarkan produk mereka. Kemajuan
tersebut dirasa sangat bermanfaat untuk dijadikan sebagai salah satu cara dalam
melakukan pemasaran online.
Pemasaran
ikan nila secara online melalui internet merupakan salah satu cara untuk
memperluas jangkauan pasar. Melalui pemasaran online, informasi produk dapat
menjangkau konsumen yang ada di daerah-daerah tanpa harus terjun langsung ke
daerah tersebut untuk mempromosikan produk.
Berikut
adalah beberapa cara atau strategi pemasaran ikan nila secara online yang dapat
dicoba untuk bisnis ikan.
1.
Riset Barang dan Pasar
Strategi
pertama sebelum melakukan pemasaran ikan nila secara online adalah menentukan
barang dan meriset pangsa pasar terlebih dahulu. Lihat persaingan yang ada dan
mulai memikirkan apakah Anda bisa menyediakan ikan nila yang lebih baik dari
yang sudah ada. Misal Anda ingin berjualan ikan nila, riset pasar yang harus
Anda lakukan adalah mencari tahu berapa banyak peternak ikan nila yang ada di
sekitar lingkungan Anda, dan jika persaingan tidak terlalu ketat, maka riset
kedua adalah menanyakan kepada diri Anda sendiri apakah bisa menyediakan ikan nila
yang lebih baik (lebih murah, lebih sehat) dari pesaing Anda tersebut ?
Jika Anda
merasa tidak sanggup, maka sebaiknya Anda mundur, dan lakukan riset untuk
barang yang lainnya, karena jika Anda memaksakan untuk berbisnis ikan, namun
pesaing Anda memiliki barang (ikan) dan pelayanan yang lebih baik dari yang
akan Anda tawarkan, maka bukan untung yang didapat melainkan bisa rugi.
2.
Menggali Kebutuhan Konsumen
Dalam
melakukan riset, tugas Anda bukan hanya mencari barang yang memiliki keuntungan
besar, melainkan Anda juga harus melakukan riset dan mencari tahu kebutuhan
konsumen. Sebagai contoh Anda menjual ikan nila (karena keuntungan yang didapat
besar), namun orang disekitar Anda lebih banyak yang memelihara burung, maka
sekeras apapun Anda mencoba menjual ikan mahal tersebut tidak akan dibeli.
Untuk itulah, mengetahui kebutuhan konsumen adalah hal terpenting.
3.
Membuat Website
Pemasaran
yang dilakukan secara online tidak akan efektif jika Anda tidak memiliki alat
untuk memasarkan produk secara online. Salah satu alat yang bisa digunakan
untuk pemasaran adalah website. Website bisnis nantinya bisa Anda gunakan untuk
menampung semua informasi produk dan jasa. Untuk membangun website, Anda harus
membuat domain yang mudah diingat, agar nantinya pelanggan bisa mengetikkan
langsung alamat website Anda. Setelah itu buatlah website Anda untuk masuk ke
dalam peringkat atas mesin pencarian.
4.
Rencana Promosi
Rencana
promosi tidak akan berjalan sesuai harapan jika Anda menjalankannya seorang
diri. Agar berhasil dalam menjalankan rencana promosi yang sedang direncanakan,
Anda memerlukan jasa dari desainer website, pengembang website dan jasa
marketing yang ahli. Dengan menggunakan jasa yang mereka tawarkan, rencana
promosi yang akan Anda lakukan akan lebih berhasil dibandingkan Anda
menjalankannya seorang diri.
5.
Email Marketing
Pernahkah
Anda mendengar strategi pemasaran dengan cara ini?, email marketing sendiri
adalah pemasaran dengan menggunakan email yang telah mendaftar di website
Anda. Dalam tampilan halaman website, pengunjung akan disuruh untuk
memasukkan alamat email yang valid agar ketika ada produk baru, informasi
tersebut akan langsung dikirimkan ke alamat email yang sudah terdaftar. Sampai
saat ini, pemasaran dengan cara ini masih responsif. Oleh sebab itu tidak ada
salahnya jika Anda menggunakan cara ini.
Kelima cara
pemasaran online di atas adalah secuil dari ilmu marketing yang ada. Pada dasarnya,
cara pemasaran online sangat luas dan beragam, bergantung dari cara Anda
sendiri dalam melakukannya. Jika Anda melakukannya dengan baik dan sesuai, maka
hasil yang didapat juga tidak akan mengecewakan.
Anda bisa
menjual hasil panen ikan nila melalui iklan di internet sehingga banyak
khalayak umum yang mengetahui bahwa Anda memiliki usaha ternak ikan nila yang
hasilnya cukup besar. Sebagai pemula,
Anda harus menjadi pengusaha yang aktif dalam hal menjual hasil panen ikan nila. Keuntungan yang akan Anda dapatkan tentunya
juga cukup besar jika dijual melalui internet.
Anda bisa mengusahakan bisnis ikan nila dari nol hingga meraup
keuntungan yang sangat besar.
Perkembangan teknologi telah membawa pengaruh dalam
penggunaan internet sebagai media pemasaran produk. Penggunaan internet
merupakan strategi pemasaran yang dapat digunakan perusahaan. Dalam menghadapi
arus globalisasi serta perubahan-perubahan yang kerap terjadi, perusahaan
diharuskan untuk dapat memformulasikan alternatif strategi pemasaran pasca
penggunaan internet.
Sumber :
-
Anonim. 2016.
Segmentasi pemasaran ikan nila unggul.
Didownload dari laman https://www.ikannila.com.
numpang promote ya min ^^
BalasHapusAyo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
terimakasih ya waktunya ^.^